4 Cara Mengendarai Motor Agar Hemat Bensin Di Saat Harga BBM Naik

Pengendara Motor. (ist)

Jakarta, Dekannews - Kendaraan roda dua, motor sangat penting sebagai sarana transportasi untuk beraktivitas sehari-hari.

Namun kenaikan BBM yang terjadi baru-baru ini berefek ongkos saat menggunakan motor pun meningkat.  

Karena itu diperlukan berbagai cara untuk lebih hemat. Namun faktor hemat atau irit tidak hanya dari spesifikasi motor saja namun dari faktor lain juga mempengaruhi yaitu cara mengendarai.

Berikut adalah tips berkendara hemat BBM menggunakan sepeda motor.

1. Cek Tekanan Ban

Kondisi ban ikut mempengaruhi pemakaian BBM. Jadi pastikan, kondisi angin ban sesuai dengan rekomendasi yaitu tidak terlalu kencang atau tidak terlalu kempis.

Dengan kondisi ban yang maksimal, BBM akan lebih hemat. Ban dengan tekanan ideal akan membantu motor melaju dengan lancar dan tidak ada hambatan yang membuat mesin bekerja lebih keras yang bisa bikin BBM menjadi boros.

2. Hindari Bawa Muatan Berlebih

Faktor membawa muatan berlebih juga berdampak dalam efisiensi bahan bakar. Pasalnya, semakin banyak beban yang ada di motor, akan membuat mesin bekerja lebih keras.

Jika perlu barang-barang yang tidak terlalu penting harus disingkirkan untuk mengurangi beban motor.

3. Kecepatan Stabil

Memacu kendaraan dalam dengan kecepatan yang stabil dan sesuai dengan standar aturan hukum di Indonesia akan membuat sepeda motor lebih irit. Jadi hindari menggeber atau memacu kendaraan secara berlebihan. 

Akselerasi motor yang tiba-tiba bahkan membawa motor dengan kecepatan tinggi akan membuat bensin menjadi boros. 

4. Lakukan Servis Berkala

Kondisi motor dapat memengaruhi keiritan bahan bakar. Pemilik harus rutin melakukan servis berkala untuk memastikan kondisi motor dalam keadaan prima.

Seperti mengganti oli secara berkala. Oli yang oli sudah kotor, menghalangi upaya menghemat bahan bakar karena mesin akan bekerja lebih keras dan sirkulasi udara dalam mesin menjadi tidak bagus. (Zat)