Dinas Kominfotik DKI Apresiasi Kerja Jurnalis Balaikota : Informatif dan Edukatif

Media gathering Dinas Kominfotik DKI Bersama Koordinatoriat Wartawan Balaikota-DPRD DKI Jakarta (Balkoters) di kawasan Sentul Selatan, Bogor, Jawa Barat, Jumat malam (26/5).

Jakarta, Dekannews - Media lewat kerja-kerja jurnalistik berperan besar dalam menyajikan informasi secara akurat berupa pemberitaan kepada masyarakat. Tidak hanya itu, wartawan juga punya tanggung jawab menghadirkan nilai-nilai edukatif.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Bidang Informasi Publik Dinas Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta, Raides Aryanto saat media gathering Dinas Kominfotik DKI bersama Koordinatoriat Wartawan Balaikota-DPRD DKI Jakarta (Balkoters) di kawasan Sentul Selatan, Bogor, Jawa Barat, Jumat malam (26/5).

"Pers memiliki andil besar, terlebih dalam era media sosial saat ini. Termasuk, dalam perannya untuk mencegah masyarakat termakan informasi yang bersifat hoaks," kata Raides.

Raides memandang, insan media merupakan mitra strategis dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat luas baik terkait kebijakan, program pembangunan hingga memberikan kritik membangun.

Kepala Bidang Komunikasi Publik Dinas Kominfotik DKI Jakarta, Koharudin menuturkan, media gathering ini mengangkat tema "Pererat Silaturahmi Mantapkan Sinergi"

"Kami akan terus memperkuat hubungan antara Pemprov DKI Jakarta dengan rekan-rekan media. Kami sangat terbuka menerima masukan serta berkomitmen mendukung dan memfasilitasi kerja-kerja jurnalistik rekan-rekan media," kata Koharudin.

Sementara itu, Ketua Koordinatoriat Wartawan Balaikota-DPRD DKI Jakarta, Sammy Edward Watimena menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemprov DKI Jakarta, khususnya Dinas Kominfotik yang sudah menyelenggarakan Media Gathering tersebut.

"Sinergisitas ini sangat penting dilakukan. Sebab, bagaimanapun juga jajaran di Pemprov DKI adalah juga mitra kerja kami dalam melakukan tugas peliputan," kata Sammy.

Dia berharap, melalui keakraban yang sudah terjalin ini akan membuat kerja-kerja wartawan di Balaikota dan DPRD DKI Jakarta semakin lancar.

"Mayoritas berita tentu perlu adanya statement dari narasumber dan data dibutuhkan yang bisa didapat secara cepat. Untuk itu, kami juga ingin apa yang menjadi keperluan pemberitaan sesuai pedoman Kode Etik Jurnalistik tidak menemui kendala," demikian Sammy. (Zat)