8 Langkah Penting Perlu Diperhatikan Pemula Saat Hendak Berbisnis

Ilustrasi Rencana Berbisnis. (Ist)

Jakarta, Dekannews - Berbisnis merupakan salah satu peluang usaha meski membutuhkan modal sendiri. Meski demikian bisnis juga digemari lantaran tidak memiliki keterikatan waktu.

Tidak bisa dipungkiri memang menjalankan bisnis tidaklah mudah, apalagi bagi pemula yang baru akan merintis.

Banyak sekali tantangan yang harus dilewati agar bisa bertahan hingga sukses. Diperlukan beberapa keahlian dan langkah yang tepat untuk bisa sukses.


Berikut langkah-langkah bagi pemula agar usahanya berbisnis bisa berkembang.

1. Bentuk Mindset Bisnis yang Tepat

Langkah paling awal cara bisnis bagi pemula adalah menanamkan mindset bisnis dalam pikiran Anda.

Namanya usaha pasti ada untung dan ruginya. Selain itu, dalam menjalankan bisnis pastinya Anda akan menemui hambatan dan rintangan yang siap untuk dihadapi.

Memang kondisi yang ada di lapangan tidak sesuai dengan apa yang Anda pikirkan, maka dari itu Anda harus memiliki mental baja agar bisnis bisa tetap bertahan dan tidak akan mengalami kegagalan di tengah jalan.

2. Bulatkan Niat Adalah Salah Satu Cara Memulai Bisnis Bagi Pemula

Pencapaian hasil akhir ditentukan dari niat ketika awal memulai bisnis. Jika tanpa niat kelar atau hanya sekedar iseng saja, maka hasil akhirnya tidak akan maksimal dan dapat dipastikan Anda akan lebih mudah menyerah di tengah jalan.

Berbeda dengan yang dari awal sudah membulatkan niatnya untuk berbisnis dengan kuat, pasti hasilnya akan lebih maksimal dan tidak mudah menyerah.

3. Mulai Dari yang Disukai atau hobi

Usahakan memulai bisnis dari apa yang Anda sukai. Jika bisnis didasari dari hobi yang anda sukai, pastinya Anda lebih memahami seluk beluk dalam bidang tersebut.

Kalaupun di jalan nanti ada kendala, Anda tidak akan terlalu kesulitan untuk mengatasinya.

Misalnya jika Anda suka berolahraga, Anda bisa memulai dengan membuka toko-toko peralatan olahraga. Kemudian jika Anda suka memelihara binatang, maka anda bisa melakukan usaha beternak.

4. Bisa Mulai Dari Bisnis Kecil

Jika Anda masih takut untuk membuka usaha bisnis, silahkan coba membuka bisnis kecil-kecilan seperti menjadi reseller, jual baju online dan sebagainya. Anda akan mulai paham dan dipaksa untuk belajar mengelola bisnis kecil-kecilan tersebut untuk bisa peka terhadap kebutuhan pasar.

Tidak ada kesuksesan bisnis yang instan. Setidaknya para pelaku bisnis sama-sama harus mengorbankan waktu, tenaga, hati sampai dengan uang untuk bisa bertahan dan mengembangkan bisnisnya.

Jadi, tidak ada salahnya memulai untuk membuka bisnis kecil-kecilan terlebih dahulu. Di sini Anda bisa memupuk wawasan dan mencari jaringan seluas-luasnya.

5. Lihat Peluang Bisnis Sekitar

Mulailah dengan mencari peluang bisnis yang ada di sekitar Anda.

Tidak menutup kemungkinan banyak bisnis yang ada di sekitar Anda yang memiliki prospek lebih bagus kedepannya.

Kelebihan lainnya adalah jarak dengan tempat tinggal yang dekat dan Anda lebih memahami tentang seluk beluk di sekitar yang memengaruhi peluang bisnis di sekitar Anda.

6. Baca Kekuatan Pesaing

Jangan sampai Anda bersaing dengan pebisnis besar yang sudah punya nama dan jaringan bisnis yang kuat, kecuali Anda mempunyai modal yang besar dan siap dikeluarkan untuk mengalahkan pesaing bisnis.

Kalaupun Anda akan mengalahkan pesaing yang sudah besar, Anda harus memiliki perbedaan dan nilai yang lebih unik seperti pelayanan yang lebih baik, produk yang unik dan kreatif, dan memiliki kelebihan lain yang tidak dimiliki pesaing bisnis Anda.

7. Tentukan Modal Bisnis dan Harga Jual

Jika ilmu yang Anda miliki sudah cukup mumpuni dan ingin segera membuka usaha bisnis, pastikan Anda bisa menentukan modal awal bisnis tersebut hingga menentukan layanan yang lebih cocok. Jangan lupa untuk menentukan target pasar agar Anda bisa memastikan harga jual dari barang tersebut.

Menentukan harga jual produk bisa dilakukan dengan cara merujuk pada harga pasaran, daya beli konsumen sampai dengan melihat harga jual kompetitor.

8. Memahami Cara Mendapatkan dan Mempertahankan Konsumen

Terakhir, pelajari cara untuk mendapatkan konsumen yang tepat untuk bisnis Anda. Seperti misal barang yang Anda jual adalah aksesoris maka target konsumen Anda adalah perempuan atau anak-anak.

Selain itu, penting juga tips bisnis untuk pemula bisa mempertahankan konsumennya agar terus memilih membeli barang di usaha bisnis Anda. Bisa dengan mendengar keluhan mereka, meminta penilaian mereka dan tentunya dengan melayani mereka sebaik mungkin.

Demikian ulasan mengenai tips belajar bisnis untuk pemula. Pada dasarnya, seorang pebisnis memang harus memiliki mental yang kuat dan pemikiran kreatif penuh inovasi untuk terus mengembangkan bisnisnya. (Zat)