Hadapi Kualifikasi PON, Pengprov Berkuda DKI Optimis Raih Juara Umum di PON XXI Aceh Sumut 2024

Pelepasan atlet berkuda DKI (ist)

Jakarta,Dekannews-Pengprov Berkuda DKI optimis dapat meraih juara umum pada PON XXI Aceh Sumut 2024. Terlebih khusus pacuan, Atlet DKI sudah meraih juara umum di Sawah Lunto Sumbar, dengan raihan 3 emas, 2 Perak, dan 2 Perunggu.

Hal itu dikatakan Ketua Pengprov Berkuda DKI Jakarta Aryo Djojohadikusumo saat melepas atlet berkuda DKI yang terdiri dari equestrian dan pacu dilepas, untuk menghadapi babak kualifikasi atau BK PON XXI Aceh-Sumut. 

Kegiatan pelepasan tersebut juga dihadiri Ketua KONI DKI Jakarta DR Hidayat Humaid, MPd, yang diwakili Sekum KONI DKI Jakarta Aminullah, Rabu (6/9/2023).

Lebih lanjut Aryo mengatakan, untuk BK equestrian, akan digelar pada Sabtu dan Minggu 9-10 September ini. Dan delapan atlet equasterian sudah siap bertanding dan mendulang emas sebanyak mungkin.

"Target kami bukan hanya juara di BK maupun di PON tahun depan. Namun harus bisa jadi juara dunia. Banyak yang berpengaruh cabor berkuda ini dan unik. Ini menyangkut kuda, joki, pemilik kuda, yang merawat kuda, dll," ujar Aryo.

Usai melepas tim berkuda DKI, Aminullah mengakui, atlet berkuda ini punya karakteristik tersendiri. Dan diperlukan kekompakan untuk meraih emas.

"Ini olahraga unik. Namun untuk mendulang emas pun bisa banyak hanya dari satu joki atau maksimal tiga nedali emas. Support doa dari warga Jakarta, agar DKI juara umum. Tahun 2016 kita juara 3, tahun 2020 juara 2, dan tahun 2024 semoga kita juara 1," ujar Aminulah.

Ditambahkannya, KONI DKI Jakarta sangat mengapresiasi berkuda pacuan yang meraih juara umum di Sawahlunto pada minggu kemarin. "Semoga apa yang diraih atlet pacuan di Sawahlunto, juga ditorehkan altlet berkuda equestrian di Pulomas, Jakarta Timur. Dan semoga ini terwujud," imbuh Aminullah. (tfk)